Home / Uncategorized / Malaysia Tutup Perbatasan Antara Filipina | Mancanegara

Malaysia Tutup Perbatasan Antara Filipina | Mancanegara

Dalam kabar jika 4 warga Malaysia kala disandera pihak militan Abu Sayyaf di tanggal 1 April lalu masih belum bisa mendapatkan titik cerah. Dengan sekitar 10 sandera yang berasal dari Tanah Air, saat ini nasib mereka kian dipertanyakan.

Tak ingin kejadian sama terus terjadi disana, Malaysia saat ini mengambil kebijakan dan mereka menutup perbatasan wilayah mereka bersama Provinsi Tawi-Tawi dalam sisi selatan Filipina. Keputusan ini diambil pihak Malaysia guna jadi aksi protes ke pihak otoritas Filipina kala dinilai gagal dalam menghentikan penculikan kala terjadi terus menerus dilakukan pihak Abu Sayyaf.

Meski hal ini, penutupan tersebut ternyata juga memiliki dampak lainnya, khususnya dalam sektor ekonomi.

“Penutupan yang ada perbatasan akan berdampak dalam aktivitas perdagangan yang ada di Tawi-Tawi kalamana jual beli barang memang masuk dan keluar di wilayah Sabah,” ungkap Laisa Alamia, sosok (ARMM)Sekretaris Eksekutif Wilayah Otonomi Muslim Mindanao beberapa waktu lalu.

Laisa juga menjelaskan jika perdagangan kala terjadi dalam wilayah perbatasan yakni merupakan perdagangan gelap kala tak ada pajak yang masuk ke pemerintah. Tapi masyarakat setempat disana menerapkan sistem barter dalam membayar pedagang yang masuk kesana.

About admin

Agen Sbobet