Home / Uncategorized / Menteri Pendidikan Meminta Guru Lebih Kreatif

Menteri Pendidikan Meminta Guru Lebih Kreatif

Menteri Pendidikan Meminta Guru Lebih Kreatif – Menteri Pendidikan serta Kebudayaan Muhadjir Effendy mengimbau beberapa guru memberi contoh serta teladan sikap sama-sama menghormati dalam keberagaman di sekolah.

Menurut Muhadjir, hal semacam ini telah diamanatkan pada Pasal 4 ayat 1 UU Nomor 20 th. 2013, mengenai System Pendidikan Nasional.

Dalam UU itu ditata kalau pendidikan diadakan dengan cara demokratis serta berkeadilan dan tak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak asasi manusi, nilai keagamaan, nilai kultural, serta kemajemukan bangsa.

” Semuanya guru mesti memberi teladan pada beberapa siswa untuk sama-sama menghormati dalam keberagaman di sekolah, ” kata Muhadjir, pada peresmian pendirian SMK 1 Muhammadiyah, di Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (05/05/2017), seperti diambil siaran pers dari Biro Komunikasi serta Service Orang-orang Kemendikbud.

Muhadjir mengimbau supaya guru memberi kesadaran pada siswa mengenai ke-Indonesiaan yang memprioritaskan nilai-nilai Pancasila, hingga tak ada aksi intoleran di sekolah.

Sikap ke-Indonesiaan beberapa siswa, kata Mendikbud, mesti bagus karna pendidikan diadakan sebagai satu sistem pembudayaan serta pemberdayaan peserta didik yang berjalan selama hayat.

Hal itu sesuai sama UU System Pendidikan Nasional, Bab III mengenai Prinsip Penyelenggaraan Pendidikan.

” Dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tak bisa dimasukkan doktrin menyesatkan. Sikap ke-Indonesiaan siswa mesti bagus, ” tutur Muhadjir.

Pada acara di depan beberapa guru penyelenggara pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Bogor itu, dia mengemukakan pesan untuk memprioritaskan nilai ke-Indonesiaan di sekolah.

” Guru di sekolah Muhammadiyah harus juga memprioritaskan nilai-nilai ke-Indonesiaan. Rencana Muhammadiyah, Indonesia yaitu Darul Ahdi Wal Assyahadah, yakni menyebutkan kalau cuma ada Indonesia di Negara ini, serta NKRI telah final, ” tutur Muhadjir.

Ia memohon guru tidak untuk memberi ruangan intoleran di sekolah. Bila guru merasakan tanda-tanda itu, jadi mesti selekasnya ambil langkah yang mendidik serta membuat cerah.

Mendikbud juga memberi animo pada pihak swasta atau yayasan pendidikan swasta yang sudah memberi peran dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

” Kami memberi animo pada yayasan pendidikan swasta di Indonesia yang sudah menolong pemerintah berbarengan memajukan pendidikan di tanah air, ” tutur Mendikbud.

About admin

Agen Sbobet