Home / Berita Umum / Sumber Masalah Air PDAM Merah Darah Berasal dari Limbah Pabrik Cat

Sumber Masalah Air PDAM Merah Darah Berasal dari Limbah Pabrik Cat

Sumber Masalah Air PDAM Merah Darah Berasal dari Limbah Pabrik Cat – Saat dua minggu paling akhir masyarakat Banyuanyar, Banjarsari, Solo merasakan air PDAM beralih warna jadi merah darah. Selalu dicari sebabnya, pada akhirnya sumber permasalahan didapati datang dari sampah pabrik cat.

“Itu berada di Banyuanyar, hampir masuk ke lokasi rumah Pak Jokowi. Kita telah antisipasi dengan memotong pipa yang mengalir air warna merah,” kata Humas PDAM Surakarta, Bayu Tunggul waktu dihubungi detikcom, Rabu (17/10).

Tidak gampang buat PDAM temukan sumber permasalahan, karena mereka mesti mengecheck satu per satu pipa air. Sekalian mencari sumbernya, PDAM selalu harus kuras air dengan periodik supaya konsumen setia masih memperoleh air bersih.

Pada akhirnya PDAM mencurigai sumber permasalahannya berada di pabrik cat di Jalan Adi Soemarmo, Banyuanyar. Pada Selasa (16/10) malam, PDAM bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mendatangi pabrik itu.

Pada Rabu (17/10) siang, PDAM bersama dengan kepolisian, DLH, DPRD serta Satpol PP kembali mendatangi pabrik itu. Mereka mengecek dari mulai perizinan sampai saluran sampah.

Waktu dicheck perizinannya, Kasi Pengaduan serta Penyelesaian Sengketa DLH Surakarta, Dyah Winarti mengutarakan pabrik bernama PT Mahkota Gambaran Lestari itu cuma bisa tunjukkan izin perdagangan (SIUP) serta izin masalah. Sedang mereka tidak mempunyai izin berkaitan pengendalian sampah.

Team lalu mengecek pipa yang dipakai untuk menyalurkan sampah. Mereka merasakan terdapatnya pipa yang barusan diperbaiki, hingga seolah-olah tidak memiliki masalah.

Petugas ikut menggali tanah di muka pabrik untuk menunjukkan apa pipa sampah tersambung dengan PDAM. Nyatanya benar, ke-2 pipa tersambung.

Dari pipa itu terlihat keluar air berwarna merah. Akan tetapi keadaan warna merahnya tidak sepekat tempo hari. Petugas lantas memutuskan sambungan itu.

Pengelola pabrik, Lesi, menjelaskan memang benar ada pembongkaran dua minggu kemarin. Akan tetapi ia tidak paham jika ke-2 pipa disambungkan.

Selintas memang ke-2 pipa tampak sama sebab terbuat dari PVC. Akan tetapi menurut Direktur Tehnik PDAM Surakarta, Tri Atmojo, kualitas pipa PDAM tambah lebih bagus.

PDAM juga pada akhirnya memberikan laporan peristiwa pencemaran air minum ini pada aparat Polresta Surakarta. Sampai sekarang ini polisi masih tetap lakukan penyidikan.

About admin

Agen Sbobet