Home / Berita Umum / Warga Gunungkidul Gelar Tradisi Gumbrengan dalam Rangka Maulid Nabi

Warga Gunungkidul Gelar Tradisi Gumbrengan dalam Rangka Maulid Nabi

Warga Gunungkidul Gelar Tradisi Gumbrengan dalam Rangka Maulid Nabi – Kebiasaan Gumbregan yang diakui telah berjalan semenjak beberapa ratus tahun kemarin di Gunungkidul berjalan ini hari. Ada beberapa puluh hewan ternak yang disatukan serta dikasih makan ketupat, ketela, kacang serta hasil bumi yang lain.

Kebiasaan ini berjalan di Dusun Blimbing, Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul di Balai, Selasa (20/11/2018). Panitia acara Gumbregan, Heri Nugroho menjelaskan, jika radisi itu diselenggarakan menjadi bentuk bentuk sukur pada Tuhan sebab sudah dikasih hasil bumi yang melimpah.

Hasil bumi berbentuk makanan itu diatur sampai mirip gunungan. Sesudah membuat gunungan, beberapa sesepuh akan melakukan doa bersama-sama dan gunungan itu nanti akan dirayah masyarakat.

“Makanan itu datang dari masyarakat ditempat, makanannya diantaranya ketela, kacang serta ketupat. Selesai (Gunungan) dirayah masyarakat, makanan itu dikasihkan masyarakat ke hewan ternaknya supaya sehat serta dapat beranakpinak,” tuturnya waktu didapati di Balai Dusun Blimbing, Karangrejek, Wonosari, Gunungkidul, Selasa (20/11/2018).

Heri menuturkan makanan itu dikasihkan pada hewan ternak punya masyarakat sebab hewan itu ikut terlibat dalam pekerjaan bercocok tanam atau menolong memproses ladang beberapa petani.

Triyono, salah seseorang masyarakat ditempat sekaligus juga penjual hewan ternak mengakui ikut juga merayah gunungan hasil bumi berbentuk makanan itu untuk dikasihkan pada hewan ternaknya.

“Ya sebab kami yakin jika ketupat dapat membawa rejeki, baik pada kami serta hewan ternak supaya sehat serta berkembangbiak dengan baik,” katanya.

Dalam kebiasaan ini, lanjut Triyono, tidak cuma meliatkan hewan ternak tetapi ikut perlengkapan pertanian ikut didatangkan supaya membuahkan hasil bumi yang optimal.

“Utamanya kebiasaan ini menjadi bentuk sukur kami pada Tuhan sebab hasil bumi melimpah serta hewan ternak kami sehat,” ujarnya.

About admin

Agen Sbobet