Home / Berita Umum / Menurut Ketentuan Laut Natuna Masih Wilayah RI

Menurut Ketentuan Laut Natuna Masih Wilayah RI

Menurut Ketentuan Laut Natuna Masih Wilayah RI – Pengamat Hukum Internasional Hikmahanto Juwana menilainya ketentuan pemerintah memberi nama laut di Natuna jadi Laut Natuna Utara telah pas.

Menurutnya, pemberian nama itu jadi tanda kalau laut itu masih tetap jadi Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

” Agar terang kalau klaim kita jadi ZEE laut disana (Natuna), kita berikan nama Laut Natuna Utara. Jadi menurut saya lumrah, seperti negara Filipina th. 2011 juga mengatakan zone maritim laut mereka itu West Philipine Sea, ” tutur Hikmahanto waktu dihubungi, Senin (17/7/2017).

Guru besar Hukum Internasional Kampus Indonesia ini menyebutkan pemberian nama ini menyatakan kalau rencana sembilan garis putus China tidak disadari.

Terlebih, jelas dia, dalam putusan Permanent Court Arbitration (PCA) kalau rencana sembilan garis putus tidak di kenal.

” Laut Natuna Utara itu masih tetap di lokasi zone maritim Indonesia. Jadi bila China ada memprotes ya lumrah, karna sembilan garis putus. Kita juga bisa dong kerjakan itu, tidak ada problem, ” terang dia.

Karenanya, Hikmahanto mensupport langkah pemerintah berkaitan dengan peluncuran peta baru NKRI.

Kementerian Koordinator Bagian Kemaritiman terlebih dulu meluncurkan peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) baru. Peta baru itu lebih mengutamakan pada perbatasan laut Indonesia dengan negara yang lain.

Satu diantaranya perubahan nama Laut China Selatan Jadi Laut Natuna Utara. Tetapi, perubahan nama laut itu menyebabkan kritik dari Beijing.

Seperti diambil dari CNN, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang berasumsi pergantian penyebutan nama itu tidak masuk akal.

” Pergantian nama ini tidak masuk akal serta tidak cocok dengan usaha standarisasi tentang penyebutan lokasi internasional, ” tutur Geng Shuang.

About admin

Agen Sbobet