Home / internasional / Militer Rwanda Latih Pemberontak Burundi | Mancanegara

Militer Rwanda Latih Pemberontak Burundi | Mancanegara

Dalam unggahan rahasia ke pihak Dewan Keamanan PBB beberapa waktu lalu menuduh jika Rwanda merekrut serta melatih semua pengungsi Burundi dimana mereka mempunyai tujuan guna mengusir Presiden Burundi yakni Pierre Nkurunziza. Hal ini mampu mengemuka usai memburuknya kekerasan politik dan akan adanya kekejaman missal kedepannya.

Di laporan sang ahli itu mampu terdapat kesaksian yang kuat jika Rwanda kali ini mencampuri urusan di dalam negeri wilayah Burundi. Dan para ahli mengunggah kabar jika mereka sudah berbicara bersama 18 pejuang Burundi yang ada di wilayah provinsi South Kivu wilayah timur Kongo.

“Mereka berujar ke kelompok ahli jika mereka sudah direkrut dalam Kamp Pengungsi Mahama yang ada di Rwanda timur di bulan Mei serta Juni 2015 serta diberikan dua bulan pelatihan tentang militer oleh pihak instruktur, dan juga personel militer pihak Rwanda,” bunyi laporan dalam media setempat.

Burundi serta Rwanda memang memiliki campuran etnis dimana juga terbilang sama, sebanyak 85 persen masyarakat Hutu serta Tutsi sebanyak 15 persen. Dalam perang saudara selama 12 tahun yang ada di Burundi, mampu berakhir di tahun 2005, dimana perang itu mampu mengadu tentara kala dipimpin pihak Tutsi kontra pemberontak Hutu.

About admin

Agen Sbobet